Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 12 Oktober 2011

PENGENALAN DAN SEJARAH INTERNET


PENGENALAN INTERNET

Pasti rata-rata semua orang di dunia pasti mengenal atau akrab dengan istilah INTERNET ,  karena di jaman yang modern ini internet menjadi suatu kebutuhan bagi orang-orang dalam mendapatkan, mengelola serta menyebarkan informasi ke seluruh dunia. Itu semua di dukung dengan adanya perkembangan teknologi manusia yang semakin lama semakin maju dan tanpa batas.

Tapi jika kita coba lihat definisi internet terlebih dahulu, Apakah internet itu ? Banyak sekali sebutan dan panggilan yang diberikan oleh para user atau penggunanya antara lain Cyber, e-world, Dunia Maya, dan sebagainya. Tapi  semua itu hanyalah sekedar istilah saja . Sebenamya tidak ada definisi secara khusus mengenai Internet karena internet bukan merupakan singkatan.

Internet adalah suatu jaringan  yang global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, yang dapat memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut. 
Sebuah komputer pengguna yang akan dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung ke Server. Server digunakan untuk mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client bisa mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.
Selain itu ada juga yang di sebut 
  Protokol Penghubung antara Server dan Client Komputer untuk menterjemahkan berbagai bahasa komputer. 

dan ada juga yang dikenal Alamat IP atau yang sering juga disebut IP Address berfungsi untuk memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana sebuah data.

Selain IP Address ada juga perangkat yang paling populer di dunia Internet, yaitu Web Browser atau perangkat lunak yang di gunakan untuk menagkses internet. . Internet Browser yang paling terkenal sejauh ini adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lain sebagainya.

Banyak sekali manfaat dari internet yang dapat kita dapatkan, dengan adanya internet kita dapat mengakses informasi-informasi  yang update di seluruh dunia ,  kita juga dapat menjalin komunikasi antar pengguna internet di seluruh dunia yaitu dengan adanya social network ,  kita dapat melakukan Jual Beli barang, mengunduh file, dan masih banyak lagi kegunaan yang bisa kita ambil dari internet.


SEJARAH INTERNET

Internet pada awalnya adalah  rencana dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( Department of Defense) pada sekitar tahun 60-an. Hal ini dimulai dari suatu proyek yang dinamakan ARPANET atau singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network. Beberapa Universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat, diantaranya UCLA, Stanford, UC Santa Barbara dan University of Utah turut membantu dalam pengerjaan proyek tersebut dan pada awalnya telah berhasil menghubungkan 4 komputer  yang ada di lokasi Universitas yang berbeda. 
Semakin lama Perkembangan ARPANET ini semakin pesat  jika dilihat perkembangan komputer yang ada pada saat itu. Perkembangan ARPANET menunjukan kemajuan yang pesat Pada tahun 1977, ARPANET telah menghubungkan lebih dari 100 mainframe komputer dan pada saat ini terdapat sekitar 4 juta host jaringan yang terhubung pada jaringan ini. 
Saking banyaknya Jumlah komputer yang terhubung , jumlah sebenamya dari komputer yang terhubung  tidak  dapat diketahui dengan pasti, itu disebabkan karena perkembangan jumlah komputer yang terhubung  dengan suatu jaringan semakin lama semakin besar. 
Karena perkembangannya yang semakin lama sangat pesat, jaringan komputer ini tidak dapat lagi kita sebut sebagai ARPANET  karena semakin banyaknya  komputer-komputer dan jaringan-jaringan regional yang ikut terhubung. Sehingga konsep ini yang kemudian semakin berkembang dan dikenal sebagai konsep Internetworking. Oleh sebab itu, munculah istilah Internet yang menjadi semakin populer, dan para pengguna semakin familiar dengan menyebutnya dengan istilah INTERNET.

Referensi : BUKU PENGANTAR INTERNET ( Lembaga Pengembangan Komputerisasi Universitas Gunadarma)

0 komentar:

Posting Komentar