Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 04 November 2011

Belajar membuat Situs Pribadi dengan Joomla

Dari situ saya mulai mikir sepertinya sudah waktunya harus ngoprek dan mengoptimisasi server. Paling tidak ada 4 titik yang bisa dioptimisasi: Apache, MySQL, PHP dan WordPressnya sendiri. Saya pingin melakukan optimisasi di semua titik, hanya untuk ujicoba, saya coba dulu dari yang mudah. Dari yang saya lakukan di bawah, saya lihat sudah cukup signifikan membuat laju IlmuKomputer.Com menjadi cukup cepat. Saat ini sudah banyak cara untuk membangun Website. Diantaranya program Dream Weaver , HTML, PHP, Front Page, bahkan sampai dengan CMS (Content Management System) seperti Joomla, Mambo, Drupal, PHPNuke dan sebagainya. Namun kali ini, kita akan belajar bersama-sama membuat Situs dengan Joomla. Dimana Joomla merupakan salah satu program dalam Content Management System yang sangat mudah digunakan untuk membangun website pribadi, tanpa kita harus pusing-pusing belajar PHP, MySql maupun HTML.
Joomla bisa kita dapatkan saat kita membeli hosting dan domain. Kita tinggal menginstall joomla dari cPanel. Maka program tersebut sudah otomatis terinstal dalam domain kita. Namun, kita jangan berkecil hati jika tidak mampu membayar domain dan hosting, karena kita bisa hosting gratis di 000webhost dengan fasilitas yang hampir sama dengan hosting dan domain yang membayar.
Bagi yang belum mengenal sama sekali dengan joomla, kita bisa berkenalan dulu, dengan cara mendownload program joomla tersebut. Nah setelah kita download, kita masih membutuhkan software lain agar program terebut bisa beroperasi pada komputer (lokal) kita.
Untuk Komputer ber-OS-kan windows, kita harus menginstall Xampp atau Appssdulu. Namun jika kita menggunakan OS Linux, kita masih membutu installer apache, PHP dan MySql.
Cara menginstall Joomla
Kita asumsikan komputer lokal kita ber-OS-kan windows. Pertama kita install dulu Xampp. Setelah itu kita pilih directory mana tempat meletakkan program Xampp (misal c:\xampp) Setelah Xampp terinstall, selanjutnya kita eksktrak file joomla yang telah kita download tadi pada folder <c:\xampp\htdocs\joomla>. Setelah itu kita jalankan proses install dengan cara :
1. Kita buka internet eksplorer dengan mengetikkan ‘http://localhost/joomla’, maka otomatis program akan menjalankan fungsi install.
2. setelah itu kita klik next pada menu pre-installation cek.
3. setelah itu muncul menu license, dan kita langsung klick ‘next’
4. pada menu ‘Step 1’, kita wajib mengisi form yang ada, karena form itu berguna buat database mysql kita.
5. Pada form Host Name, kita ketik ‘localhost’
6. Pada Mysql Username, kita ketik ‘root’ (dengan asumsi kita baru menginstall Xampp)
7. pada Mysql password : kita kosongi saja.
8. pada menu ‘Step 2’, masukkan nama situs kita pada kolom ‘Enter the name of Joomla! Site:’
9. pada menu ‘step 3’, kita masukkan email dan admin password.
10. pada menu ‘step 4’, proses terakhir, kita bisa langsung cek instalasi web
Setelah selesai install, kita harus menghapus dulu folder installation pada direktori c:\xampp\htdocs\installation
Sekarang kita bisa menge-test web kita dengan membuka web browser, kita ketikkan: http://localhost/joomla
Halaman Administrator
Kita bisa menyetting, memposting artikel, menginstall modul, plugin, template dan lain lain pada halaman ini. Kita ketikkan http://localhost/joomla/administrator, lantas kita masukkan username dan password kita, maka kita sudah masuk dalam halaman administrator.
Untuk modul, plugin, template dan lain-lain, joomla juga menyediakan gratis, bisa kita download dan tinggal menginstall saja pada halaman administrator tersebut.
Sedangkan masalah content, sebelum kita membuat artikel sebagai isi dari content, kita bikin dulu menu-menu yang relevan dengan rencana artikel kita. Setelah menu terbuat, kita bikin section dan category. Section merupakan bagian tertinggi. Section terdiri atas category. Category terdiri atas artikel.
Nah, demikianlah pembahasan masalah install joomla dan membuat situs dengan joomla. Selanjutnya anda bisa mencoba, mempelajari, membiasakan untuk memakai joomla.
Selamat mencoba, semoga sukses.


0 komentar:

Posting Komentar